KESALAHAN UMUM YANG SERING DILAKUKAN PEBISNIS SAAT BANGUN GYM!

Mendirikan bisnis baru itu menyenangkan, tetapi mendirikan pusat kebugaran atau gym adalah sesuatu yang istimewa. Anda bermimpi untuk membangun tempat di mana orang akan datang setiap hari untuk mencari tubuh yang bugar dan sehat. Anda membutuhkan berbulan-bulan bahkan bertahun-tahun persiapan untuk mewujudkan gym impian Anda, tetapi apakah Anda sudah dengan bekal yang cukup untuk membangun bisnis gym yang sukses?

Berikut adalah 6 kesalahan yang sering dilakukan pemilik gym saat membuka gym pertama mereka:

Anda Menyiapkan Lokasi yang Salah!

Ketika menganalisa lokasi pastikan apakah ada cukup banyak pelanggan di sekitar untuk menjadi target pasar dan dengan sedikit kompetitor? Bahkan jika Anda membuka gym yang berspesialisasi dalam satu bidang kebugaran, kompetitor terdekat bisa saja sewaktu-waktu menawarkan kelas atau mengubah penawaran mereka untuk bersaing dengan Anda. Itu sebabnya, lakukanlah penelitian terhadap lokasi sebelum memutuskan dimana Anda akan mendirikan gym Anda. 

Pelajari selengkapnya: Tips Memilih Lokasi Yang Strategis Untuk Gym Anda!

Kurang Berkomitmen!

Membuka bisnis apa pun membutuhkan komitmen. Sebagai pebisnis Anda dituntut untuk mengorbankan waktu dan uang lebih dari yang Anda rencanakan diawal. Pastikan Anda memiliki tim yang solid di sekitar Anda untuk membantu, termasuk tim pembukuan yang dapat membantu Anda mengukur anggaran sehingga Anda tidak keteteran dengan pembiayaan yang membengkak. Kelilingi diri Anda dengan orang-orang yang dapat menangani sebagian tanggung jawab yang Anda pikul, atau jika Anda harus melakukannya sendiri, pastikan diri Anda mampu dan dapat dengan disiplin melakukan segala sesuatunya dengan baik dan sesuai dengan rencana. Ingat, sebagai pemilik bisnis, Anda harus bekerja 10 kali lipat lebih keras daripada tim Anda. 

Kekurangan Modal Uang!

Yang sering terjadi adalah, banyak pengusaha gym saat mulai membangun, tidak menyiapkan modal yang cukup untuk mendirikan dan menjalankan gym yang diimpikan. Anda bukan hanya perlu memastikan investasi awal saja, tapi Anda juga harus realistis dengan proyeksi penjualan. Banyak pengusaha gym yang mengabaikan ini, sehingga itu yang membuat mereka menjadi sangat terbatas dalam mengembangkan bisnis karena terkendala di modal. 

Anda dapat mencari bantuan dari seseorang yang memiliki pengalaman dalam industri gym atau kebugaran, seseorang yang dapat membantu Anda merencanakan dengan tepat untuk hal-hal seperti biaya fasilitas, staf, operasional, dan marketing.

Hubungi Fitpro Indonesia sekarang untuk dapat berkonsultasi secara langsung dengan Konsultan secara FREE

Memaksa untuk Melakukan Segalanya Sendiri!

Jika Anda adalah seseorang yang berangkat dari sebuah hobi merubah itu menjadi sebuah bisnis, maka ini yang perlu Anda pahami! Pelatih pribadi yang baik tidak selalu menjadi pemilik bisnis yang baik. Ini adalah saat yang tepat untuk memeriksa ego Anda sebagai seseorang yang mengerti bidang kebugaran tapi belum tentu seutuhnya mengerti tentang bisnisnya. 

Jika Anda mampu mengidentifikasi kelemahan Anda, pertimbangkan untuk mengajak partner atau mempekerjakan seseorang untuk membantu bidang-bidang yang Anda kurang mampu. Jangan paksakan diri Anda untuk melakukan segala hal sendiri,  karena hal ini dapat berdampak buruk untuk masa depan bisnis Anda. Seperti pergerakan bisnis yang lambat, omset tidak sesuai dengan target dan hal buruk lainnya.

Anda tidak Memiliki Strategi Bisnis yang Kuat!

Sebelum Anda memulai perjalanan untuk memiliki gym, pelajari dan gali informasi tentang industri ini sebanyak-banyaknya. Tidak ada salahnya untuk mengikuti beberapa kelas workshop atau webinar yang berhubungan dengan industri gym. Selain itu, Anda dapat mencari segala informasi yang Anda butuhkan dari internet, film dan sumber lainnya. Lalu siapkan diri Anda untuk mau bertemu dengan orang-orang atau komunitas diluar sana yang berhubungan dengan industri ini. Semakin Anda banyak berbicara dan diskusi dengan orang-orang yang berpengalaman, maka semakin banyak Anda dapat belajar. Bersikaplah terbuka dan dapatkan pengetahuan di mana pun Anda bisa.

Anda Melupakan Pre-Sale

Penjualan awal atau pre-sale dapat mengurangi tekanan biaya tinggi di masa-masa awal bisnis Anda berjalan. Jangan menunggu sampai hari pembukaan gym baru Anda mulai berjualan. Itu sebabnya, meskipun gym Anda belum siap 100%, Anda sudah harus menemukan beberapa tim marketing dan sales yang berperan untuk menjalankan pre-sale ini. Sehingga saat hari pertama gym Anda dibuka, sudah ada anggota gym yang datang untuk menikmati fasilitas gym impian yang Anda bangun dan ada omset uang yang masuk ke rekening Anda untuk menutupi biaya operasional di bulan pertama. 

Anda tidak bisa menghindari trial and error dalam berbisnis, namun Anda bisa meminimalisirnya dengan melakukan riset yang baik serta melakukan persiapan yang matang sebelum memulai.

Bila Anda menemukan artikel ini, berarti Anda telah mengambil langkah yang tepat karena artinya Anda telah memiliki niat untuk mengkaji dan sudah berada di tahap utama perencanaan untuk membangun usaha gym impian Anda.

Bagaimana, sudahkah Anda mempersiapkan keenam hal di atas sebaik-baiknya sebelum memulai usaha gym Anda? Kalau Anda masih bingung soal:

  • Bagaimana cara menganalisa lokasi yang tepat;
  • Seperti apa komitmen yang dibutuhkan;
  • Bagaimana cara agar tidak sampai kekurangan modal;
  • Di mana harus mencari SDM yang ahli dan terpercaya; 
  • Bagaimana cara membangun strategi yang tepat; serta,
  • Bagaimana cara menyiapkan strategi pre-sale.

Yuk ngobrol bareng tim konsultan Fitpro Indonesia! As a one stop solution for your gym business, Fitpro akan membimbing Anda dari awal sampai akhir dalam upaya membangun usaha gym impian Anda.

Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin
Share on whatsapp
Share on email