LOKASI DAN GEDUNG IDEAL UNTUK BANGUN USAHA GYM

Bagaimana Menemukan Gedung yang Ideal untuk Gym Baru Anda?

Apakah Anda ingin menyewa atau memiliki gedung, ada banyak pertanyaan yang perlu Anda jawab agar Anda tahu bahwa Anda memiliki lokasi yang tepat untuk gym baru Anda. Berikut adalah daftar pertanyaan untuk Anda jawab ketika Anda ingin membangun gym di gedung yang tepat.

Ada 3 kategori umum pertanyaan untuk Anda jawab, diantaranya:

  • Tentang spesifikasi bangunan
  • Tentang perjanjian sewa
  • Tentang perizinan
Tentang Spesifikasi Bangunan
  1. Bangunan atau renovasi apa yang perlu dilakukan untuk mengubah gedung tersebut menjadi gym?

Jawaban dari pertanyaan ini akan membantu Anda untuk mencari tahu, bagaimana kondisi bangunan atau lahan yang tersedia. Apa yang perlu ditambahkan, apa yang perlu dirubah dan apa yang perlu dikurangi. Anda dapat mencari informasi tambahan dari pemilik lahan ataupun orang-orang disekitar Anda yang memiliki sedikit banyak pengetahuan tentang gym. 

  1. Berapa perkiraan tagihan listrik?

Jika ada penyewa sebelumnya atau jika ruangan tersebut terhubung dengan bisnis lain di lokasi yang sama, Anda dapat menanyakan berapa tagihan rata-rata setiap bulan mereka dan menggunakannya sebagai dasar untuk menghitung estimasi tagihan milik Anda. Perlu diingat, bahwa gym akan memiliki jumlah penggunaan yang berbeda dari jenis bisnis lain, namun informasi apa pun yang dapat Anda peroleh untuk mengukur anggaran Anda ketika gym mulai beroperasi.

  1. Berapa Luas Dimensi Ruangan?

Untuk gym, ketika ketinggian langit-langit bangunan yang tersedia kurang dari 2,5 meter. Hal ini mungkin tidak akan mampu menampung kapasitas peralatan dan metode pelatihan tertentu. Langit-langit tinggi umumnya lebih ideal untuk gym.

Baca juga: 7 Inspirasi Desain Interior Gym Terkini 2020. 

  1. Berapa Besar Kapasitas Listrik?

5.500 watt adalah standar di Indonesia, tetapi ada juga beberapa tempat gym yang memiliki kapasitas listrik 10.000 watt.

CATATAN: Beberapa alat treadmill memiliki cara penggunaan yang berbeda apabila terdapat perbedaan produk dan brand. Jadi pastikan Anda mengecek terlebih dahulu dimana lokasi outlet listrik berada jika Anda ingin menambahkan kapasitas listrik untuk memenuhi kebutuhan gym baru Anda.

  1. Bagaimana Kondisi Lantainya?

Apakah beralas lantai langsung, atau menggunakan karpet, atau alas lain yang menutupi dasar lantai. Anda perlu memastikan bahwa secara struktur kondisi lantai kokoh dan, jika terbuat dari beton, apakah cukup mulus jika Anda ingin menggunakan alas karet sebagai lantai gym Anda.

  1. Berapa Luas Kapasitas Parkir yang Tersedia?

Pastikan bahwa Anda akan memiliki tempat parkir yang cukup untuk menampung kendaraan anggota gym dan tim. Jika Anda berbagi tempat parkir umum dengan usaha lain yang ada disekitar, tanyakan apakah ada jumlah tertentu yang tersedia untuk Anda, atau apakah merupakan tempat parkir yang siapa cepat dia dapat? Persipakan gym anda untuk dapat menampung anggota dengan jumlah terbanyak yang kemungkinan akan datang, sehingga Anda tidak pusing di kemudian hari. 

  1. Siapa yang Akan Menjadi Tetangga Anda?

Jika ada penyewa lain, periksa dan lihat bisnis mereka. Anda mungkin dapat bekerja sama dengan mereka untuk meningkatkan jumlah keanggotaan gym dengan menawarkan insentif atau promo spesial lain kepada orang-orang yang sering mengunjungi bisnis lain tersebut.

  1. Bagaimana Arus dan Kondisi Lalu Lintas?

Tanyakan kepada pemilik atau agen tentang kondisi lalu lintas setiap hari yang melewati lokasi tersebut. Jika ada usaha lain di sana, tanyakan tentang volumenya. Lihatlah tempat parkir saat Anda berada di sana dan lihat seberapa penuh tempat parkir di sana. 

CATATAN: Tidak semua gym membutuhkan lokasi yang mudah terlihat. Beberapa gym berhasil dengan baik meski berada di lokasi yang agak jauh dari keramaian. Banyak target audiens mencari mereka dan rela berkendara lebih jauh untuk mendapatkan pelatihan khusus yang hanya ditawarkan di sana.

Tentang Perjanjian Sewa
  1. Apakah Ada Biaya Lain di Luar Biaya Sewa?

Uang jaminan adalah hal umum dalam perjanjian sewa, tetapi Anda harus mencari tahu apakah ada hal-hal lain yang perlu Anda bayarkan, misalnya pemeliharaan gedung, biaya kebersihan, pemeliharaan tempat parkir, atau biaya lain-lain.

  1. Bagaimana Jangka Waktu Perjanjian Sewa?

Perjanjian sewa untuk usaha biasanya dalam kurun 2-5 tahun. Cari tahu berapa lama masa perjanjian yang Anda tanda tangani berlaku.

  1. Bagaimana Bentuk Perjanjian Sewa-Menyewa?

Pastikan bahwa Anda dapat memperbarui sewa jika gym Anda baik-baik saja dan Anda ingin tetap berada di lokasi tersebut. Tanya apakah, ketika masa sewa berakhir, Anda mendapat kesempatan pertama untuk memperbarui sewa sebelum orang lain dapat mengambil tempat itu. Masukkan hal ini ke dalam isi perjanjian baru yang akan Anda tanda tangani. 

  1. Apakah Anda Merupakan Satu-satunya Fasilitas Fitness atau Gym yang Diperbolehkan Menyewa di Gedung Tersebut?

Jika akan ada penyewa lain, tentu Anda TIDAK ingin mereka bersaing dengan Anda. Bisnis cabang kesehatan, (seperti toko nutrisi, fasilitas medis, atau pusat diet), dapat bermanfaat untuk mendukung bisnis Anda, tetapi bisnis apa pun yang bersaing langsung dengan gym Anda tidak boleh berada di gedung atau alun-alun yang sama. Ingat, masukkan ini kedalam perjanjian tertulis antara Anda dan penyewa. 

  1. Apakah Ada Batasan Jam Operasional?

Anda perlu mengetahui informasi ini, jika Anda ingin buka untuk jam tambahan.

  1. Siapa yang Bertanggung Jawab Atas Pemeliharaan dan Kerusakan?

Ini berkaitan dengan gedung dan properti. Pemilik atau tuan tanah harus memiliki daftar tanggung jawab mereka dan apa yang akan Anda tanggung. Jangan biarkan berada di area abu-abu dalam hal ini.

  1. Apakah Anda Hanya Akan Membayar Untuk Area yang di Gunakan Saja atau Apakah Anda Membayar Persentase Dari Apa yang Digunakan Seluruh Bangunan?

Beberapa bisnis memiliki fasilitas kolam renang umum untuk tenant mereka. Idealnya, tentu Anda hanya ingin membayar fasilitas yang Anda gunakan. Dengan cara ini, Anda memiliki kendali atas berapa banyak Anda harus membayar tagihan.

Tentang Perizinan
  1. Apakah Lokasi Tersebut Masuk Dalam Kategori Usaha Gym? 

Pastikan bahwa pemerintah setempat telah, atau akan, menyetujui lokasi ini untuk penggunaan usaha gym. Perhatian terbesar mereka biasanya dengan memiliki jumlah tempat parkir yang tepat.

  1. Apakah Ada Batasan Untuk Memiliki Usaha Gym di Lokasi Tersebut?

Tanyakan juga kepada pemerintah kota setempat untuk memastikan bahwa mereka mengizinkan pendirian usaha gym di sana. Hal ini seharusnya tidak menjadi masalah, tetapi tidak ada salahnya memastikan diawal sebelum Anda melangkah lebih jauh.

Memiliki jawaban atas semua pertanyaan di atas akan memberi Anda informasi yang sangat dibutuhkan tentang bangunan tertentu untuk gym baru Anda, sehingga Anda dapat menemukan lokasi terbaik yang tersedia dan mewujudkan impian Anda untuk memiliki gym.

Silahkan konsultasikan bisnis Anda dengan Konsultan Bisnis Gym, untuk mendampingi dan mengarahkan Anda membangun gym impian Anda dari nol menjadi usaha gym yang sukses. Hubungi sekarang untuk mendapatkan konsultasi gratis.

Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin
Share on whatsapp
Share on email