BUKA STUDIO YOGA: BIAYA, TEMPAT DAN KARYAWAN

Tentu Anda ingin menjalankan bisnis yoga karena ingin mendapat untung. Oleh karena itu, Anda perlu mengetahui semua seluk beluk proses pembangunan dari awal. Memulai bisnis baru tidaklah mudah, dan membangun studio yoga yang menguntungkan akan membutuhkan kerja keras. Untuk meminimalisir kebingungan Anda dari mana harus mulai dan apa yang perlu Anda lakukan, mari kita jabarkan penjelasannya dibawah ini!

BIAYA AWAL PEMBUKAAN STUDIO YOGA

Hal utama yang Anda butuhkan selain mental, skill dan kesiapan diri adalah lokasi yang memadai. Tidak seperti studio kebugaran pada umumnya, studio yoga hampir tidak membutuhkan peralatan sama sekali saat memulai bisnis ini. Menemukan tempat yang tenang dan nyaman adalah kunci, untuk membangkitkan perasaan yang tepat di studio Anda. Seperti suasana kedamaian, ketenangan, penyembuhan, dan perubahan. 

Hindari area dengan alur lalu lintas yang tinggi, jika bangunan yang tersedia tidak memiliki peredaman suara yang benar. Kemudian, pencahayaan alami sangat dibutuhkan untuk sesi pagi, dan kelas sore saat matahari terbenam. Dan pastikan studio Anda memiliki model pintu yang tidak mengganggu ketika dibuka ataupun ditutup, untuk menghindari keributan saat ada beberapa anggota yang datang terlambat ketika sesi kelas sudah dimulai. 

Selain itu, diperlukan ruang tunggu yang dapat menampung kapasitas sekitar 5 orang, ini akan membutuhkan biaya. Tetapi yang jelas, biaya awal yang paling Anda butuhkan adalah alokasi untuk ruang studio.

Tentu Anda memiliki beberapa opsi tempat yang berpotensi menjadi studio baru Anda, biayanya dapat bervariasi, mulai dari menyewa bulanan, sewa tahunan hingga memiliki ruang studio skala besar. Jika Anda memutuskan untuk membeli ruangan yang akan gunakan, ada beberapa cara untuk mendanai studio yoga baru milik Anda.

Estimasi biaya yang perlu Anda siapkan untuk membayar tempat adalah berkisar 200 juta – 1 milyar, ini jika Anda membeli.  Namun jika modal Anda terbatas, maka sangat disarankan untuk mencari lahan atau tempat yang dapat disewa. Karena dengan menyewa, maka Anda dapat menekan biaya hingga lebih dari 50% dibanding membeli,  tergantung pada area dan lokasi / ukuran studio. Dengan cara ini, Anda memiliki uang ekstra untuk dialokasikan ke fasilitas dan pemasaran studio untuk mendorong bisnis baru Anda bertumbuh.

LUAS RUANGAN

Ukuran luas untuk studio tergantung pada jumlah klien yang Anda perkirakan akan di hosting per sesi. Sesi yoga rata-rata diikuti antara 10 hingga 30 klien, untuk menampung jumlah ini, maka studio Anda harus memiliki ukuran sekitar 8×10 meter. Ini adalah luas ideal untuk menampung klien dengan ruang gerak yang lega. 

Ketika studio Anda mulai beroperasi, beri diri Anda ruang untuk mengeksplor dengan mengadakan berbagai event di studio Anda. Ini merupakan salah satu strategi untuk mendatangkan lebih banyak target market ke studio milik Anda. Dengan begitu Anda memiliki peluang yang baik  memperkenalkan servis Anda kepada mereka, dan mempengaruhi mereka untuk mau bergabung sebagai anggota.

MEMBANGUN FORMASI TIM YANG KUAT

Karyawan yang Anda pekerjakan harus mampu dengan sempurna mencerminkan tujuan dan visi, misi Anda tentang yoga. Karena karyawan Anda nantinya akan melakukan banyak interaksi dengan klien, maka pastikan bahwa seluruh tim Anda sudah mendapatkan pemahaman yang baik tentang yoga dan bisnis Anda.

Berikan SOP (Standar Operasional Prosedur) dan arahan yang jelas, khususnya bagi mereka yang bertanggung jawab dalam menangani telepon masuk, pemesanan, instruktur kelas, hingga petugas kebersihan dan keamanan. Anda pasti menginginkan seseorang yang memiliki kualitas ini untuk mendapatkan pengalaman yang maksimal.

Saat Anda melakukan wawancara, hal yang paling penting adalah meminta sertifikasi yang sesuai dan bukti praktik, untuk menjamin servis yang akan Anda berikan nanti valid dan terjamin. Selain itu, minta instruktur baru untuk memimpin kelas suatu hari nanti, untuk melihat bagaimana reaksi klien, apakah mereka suka atau mereka terkesan biasa saja atau bahkan bosan. 

Jika Anda saat ini membutuhkan bantuan untuk mendampingi Anda mewujudkan studio yoga impian Anda, atau bahkan studio yoga Anda saat ini tidak mengalami perkembangan atau stuck..hubungi Fitpro Indonesia, Konsultan Bisnis Gym untuk memenuhi kebutuhan bisnis studio dan bisnis kebugaran yang terus berkembang.

Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin
Share on whatsapp
Share on email